Sabtu, 13 Juli 2013

Candi Plaosan...bukti toleransi umat beragama di indonesia


Masih inget tahun lalu pas jaman heticnya ngerjain skripsi, ada satu titik ngerasa jenuh luar biasa. Jenuh ngerjain tabel biozonasi, jenuh ngamatin fosil yang mbulet-mbulet, jenuh ngerapiin tata tulis, jenuh ngejar dosen buat ngerevisi....jenuh semua muanya. Ga mau bakalan jadi bumerang yang bisa bikin aku ngedrop semangat berkelanjutan akhirnya saya memutuskan....THIS TIME TO TAKE A BREAK..NO COMPROMISE..!!!

Dan akhirnya kamera tersayang saya menjadi teman seperjalanan yang menyenangkan. Cuma selintas ide yang terlihat...motret sunset di candi Plaosan. Tuh..mana lagi tu candi. Jujur ndak pernah tau nama tu candi sampe browsing lokasi hunting sunset di Yogya. Dan beberapa tulisan recommend ke candi Plaosan ini...hmmm.....sounds like I’ve made some adventure this afternoon..haha.
Cuma dengan petunjuk sedikit arah candi Plaosan , dari blog cuma bilang candi itu ada di timurnya candi Prambanan ke arah Klaten...zzz....ga bantu banyak. Akhirnya saya tanya ke beberapa teman yang dari Yogya (dan ga semua temen juga tau candi itu dimana -_-). Akhirnya satu temen saya bisa ngasih info yang cukup buat jalan. Dari pertigaan Prambanan lurus aja...ntar ada pertigaan lagi kedua pas lampu merah belok kiri..terus luruuus aja. Ntar juga ketemu di kanan jalan.
Oke...bag is pack...camera ready for hunting...and I am ready for vacation...!!!!
Awalnya sempet takut nyasar..udah hampir 3 kilo masuk ke jalan yang diarahin tapi ngga dapet juga candinya. Untuuung aja pas banget niatan mau balik, liat  ada muntup-muntup stupa item di tengah-tengah sawah...yeaaaah...sampai mameeen.. (Alhamdulillah).
Candi Plaosan ini merupakan candi yang dibangun dengan memadukan unsur hindu-budha. Nah lhoo...bingung kan kenapa bisa nyampur. Sodara sekalian...candi Plaosan merupakan candi yang di bangun oleh Rakai Pikatan yang beragama budha untuk permaisurinya Pramudyawardani yang beragama hindu. Jadi untuk menghormati sang istri, dan menunjukkan rasa cintanya yang besar, Rakai Pikatan membangun candi tersebut. Wew....cinta beda agama uda dari zaman nenek moyang ya.. haha... dan happy ending lho ternyata. Cinta memang universal...^_^.

Bukan hanya cerita tentang cinta-cintaan...candi ini juga jadi bukti bahwa umat beragama di Indonesia sudah saling menunjukkan toleransi yang tinggi sejak zaman dahulu. Untuk itu kita patut berbangga karena tidak semua negara bisa menunjukkan toleransi terhadap agama lainnya. Saling toleransi menjadi kunci kemajuan suatu kedaulatan dalam hal ini adalah negara. Coba deh...mana mungkin candi semegah dan seindah ini dibangun di tengah carut marut kondisi negara. Toleransi yang besar membuat negara tersebut damai dan tentram sehingga para rakyatnya dapat memajukan ilmu pengetahuan dengan pesat. Emang dipikir bangun candi tinggal tumpuk batu? ngukir batu jadi relief asal pukul palu..? semua itu apsti ada ilmu dan tekniknya. Apa itu bisa berkembang di negara yang sedang bergejolak..? Nggak deh aku pikir. Semoga Indonesia sekarang bisa belajar dari sejarah dari kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia pada masa lalu. Siapa sih yang ga ingin negaranya aman, tentram, damai sehingga semua aspek kehidupan bisa maju...^_^

udah ah..balik ke liburan...capek ngomong berat...haha

Karena memang niatnya ngejar moment siluet candi, saya malas masuk ke kompleks candi. Akhirnya sedikit memutar ke arah belakang dan berhenti di pinggir ladang penduduk setempat. Sambil nunggu sunset, observasi tempat dulu kira-kira dari titik mana bakal dapat angel bagus buat motret candi. Setelah itu, cari spot bagus buat motret human interest dengan latar candi.

Cantik ya...ini made in INDONESIA punya lho.. ^_^


Si mbaak bule angkat jempol buat Plaosan kita punyaa...
Pas banget dah sore-sore kesininya. Banyak penduduk yang lalu lalang ngelewatin daerah sini. Bahkan ada turis asing yang lagi ikut program ‘JELALAH DESA PRAMBANAN” pake sepeda. Pas di foto...fiuuuh...antusias betul muka si ibu bule...lumayaaan..dapat capture bagus...hehe





Landscape Candi Plaosan pada saat matahari terbenam

Finally...sunset has come...Subhanallah....cantik betul nah ni sunsetnya. Landscape candi jadi foreground.nya, nyiptain siluet hebat dalam kamera.
Hmm.....indonesia emang ga ada matinya. Semua tempat menyimpan keindahannya sendiri-sendiri. Bahkan pinggiran ladang yang dengan gratis kita datangi, ngasih pemandangan yang secantik ini....

buat yang penasaran sama koleksi foto Candi Plaosan yang lain klik disini

Ayooo...terus explore kekayaan Indonesia...Orang luar negeri aja bela-belain ke Indonesia kok buat ngeliat kekayaan budaya dan alam Indonesia. Masak kita nggak nganggep sih....warisan nenek moyang lho asli INDONESIA....100%....

Salam

Dian Novita

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Profil Saya

Followers